Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar (Download .docx) Serta Tips Cara Membuat Surat Pengunduran Diri (Surat Resign)

Baca Juga

Download contoh Surat Pengunduran diri (Download contoh surat resign) - Dalam dunia pekerjaan, tidak selamanya anda bertahan untuk bekerja hanya pada satu perusahaan saja, dengan berbagai alasan pengunduran diri, para karyawan tentunya banyak yang pernah mengajukan surat pengunduran diri atau surat resign kerja. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah. Pengajuan surat pengunduran diri kerja atau surat resign kerja tersebut dipengaruhi berbagai alasan pengunduran diri, contohnya masalah keluarga, sakit, hamil, lingkungan tempat kerja yang tidak cocok, mendapat pekerjaan baru yang lebih baik, ingin melanjutkan pendidikan atau berbagai alasan pengunduran diri dari perusahaan lainnya. 

Sebenarnya bukan hanya dalam pekerjaan saja terjadi pengunduran diri, ada juga yang mengajukan surat pengunduran diri dari organisasi, surat pengunduran diri dari jabatan, surat pengunduran diri kuliah dan berbagai surat pengunduran diri lainnya.
Contoh surat pengunduran diri kerja (surat resign) bahasa  inggris
Sumber gambar : http://www.anakui.com/



Dalam mengajukan pengunduran diri dari perusahaan atau suatu badan, anda harus mundur sesuai prosedur, jangan asal meninggalkan perusahaan saja. Karena hal ini akan membuat hubungan anda menjadi buruk dengan perusahaan. Oleh karena itu, anda harus membuat surat pengunduran diri kerja sebaik - baiknya yang sekiranya surat tersebut dapat dimaklumi oleh perusahaan sehingga hubungan dua belah pihak tetap dapat terjalin dengan baik.


Tips Cara Membuat Surat Pengunduran diri kerja atau surat resign Kerja
Berikut ini adalah tips cara membuat surat pengunduran diri karyawan atau surat resign kerja yang baik dan benar :

  1. Buat isi surat dengan bahasa yang tidak berbelit-belit dan bertele-tele.
  2. Cantumkan alasan mengapa pengunduran diri dari perusahaan dilakukan. Uraikan dengan jelas dan singkat.
  3. Mengucapkan terimakasih kepada pimpinan perusahaan maupun para karyawan di perusahaan yang akan anda tinggalkan.
  4. Meminta maaf kepada pihak perusahaan atas kesalahan yang pernah dibuat semasa anda bekerja di perusahaan tersebut.
Contoh surat pengunduran diri kerja (surat resign)
Sumber gambar : http://www.anakui.com/

Sebelum memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan, pastikan anda telah memikirkan dengan matang apakah keputusan anda tepat atau tidak. Karena mencari pekerjaan yang baru bukanlah sesuatu hal yang terbilang mudah. Bagi yang beragama islam dianjurkan untuk melaksanakan shalat istikharah terlebih dahulu. Setelah mantap maka barulah membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. 



Baca Juga : Penjelasan Lengkap Narrative Text dan Kumpulan Contoh Narrative Text Berbagai Tema beserta arti dan generic structurenya



Berikut ini adalah kumpulan contoh surat pengunduran diri kerja atau surat resign kerja yang bisa anda contoh (sebenarnya bukan untuk pekerjaan saja, bisa juga untuk hal lainnya, tinggal anda adaptasikan saja kalimatnya sesuai dengan kebutuhan pengunduran diri anda) :

Format Contoh surat pengunduran diri kerja sesuai contoh-contoh di bawah ini bisa juga di download dalam file .docx atau file microsoft word. Link Download contoh surat pengunduran diri kerja atau download surat resign kerja ini terdapat di bagian bawah halaman ini setelah kumpulan contoh, tinggal klik tombol download berwarna orange saja.


  • Contoh surat pengunduran diri Kerja 1
Cirebon, 29 Februari 2016


Kepada
Yth. Manager HRD
PT Indomaret Alfamart
Jl. Cakrabuana Pegangsaan Selatan No. 125
Cirebon Barat


Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Agat Nur Andriawan Ananta Alaydrus, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Indomaret Alfamart sebagai karyawan terhitung mulai tanggal 29 Februari 2016 dikarenakan ingin melanjutkan pendidikan saya ke tingkat Strata  (S2).

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang pernah saya dapatkan selama bekerja di PT Indomaret Alfamart. Saya juga memohon maaf kepada semua karyawan dan pimpinan PT Indomaret Alfamaret apabila semasa bekerja saya banyak melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Saya berharap selalu PT Indomaret Alfamaret dapat terus berkembang dan selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal.


Hormat saya,






Agat Nur Andriawan Ananta Alaydrus






  • Contoh Surat Pengunduran diri kerja (Surat Resign Kerja) 2

Sorong Barat, 1 Maret 2017


Kepada Yth,
Kepala HRD PT Aska Rewas Bergas
Jl. Slander Cemara III NO. 123
Sorong Barat


Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku Staff Ekspor PT. Aska Rewas berdasarkan surat kesepakatan bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan Undang-undang tenaga kerja, maka dari itu saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Masaro Andri Dwi Pahabol
Departemen    : PT Aska Rewas
Jabatan          : Staff Ekspor
No. Karyawan : 132734867

Bermaksud mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Aska Rewas dikarenakan kondisi kesehatan yang terus menurun sehingga tidak memungkinkan lagi untuk bekerja dengan baik. Saya harap perusahaan dapat memaklumi kondisi saya saat ini dan bisa memberikan hak-hak saya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang pernah saya dapatkan selama bekerja di PT Aska Rewas. Saya juga memohon maaf kepada semua karyawan dan Manajer PT Aska Rewas apabila saya pernah melakukan kesalahan dan kekeliruan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dalam keadaan sadar serta tanpa adanya tekanan dan paksaan dari pihak manapun.




Hormat saya,







Masaro Andri Dwi Pahabol



Baca juga : Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dan Tips Cara membuat Surat Lamaran Pekerjaan

  • Contoh Surat Pengunduran diri kerja (Surat Resign Kerja) 3

Jakarta , 27 Maret 2016

Kepada : Yth. Manager HRD 
              PT. Astra Gemilang Bank Gas
              Jl. Rangkacubung Barat IV No. 132 
              di tempat 


Dengan hormat, 
Melalui surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini: 
Nama   : Fitri Ani Anggara Marteen
NIK      : 1532473
Bagian  : Marketing
Jabatan : Staff Marketing 

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Astra Gemilang Bank Gas terhitung sejak 27 Maret 2016 dikarenakan saya sedang dalam masa mengandung. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang di berikan kepada saya selama 7 tahun bekerja di perusahaan ini.

Saya juga meminta permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ada sikap dan tutur kata saya yang kurang berkenan di hati karyawan dan manajemen PT. Astra Gemilang Bank Gas.

Demikian surat pengunduran ini saya buat. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

( tanda tangan )

Fitri Ani Anggara Marteen

http://homedecorationxz.blogspot.com/p/go.html?url=aHR0cHM6Ly93d3cubWVkaWFmaXJlLmNvbS9maWxlL3E1cG8wcWZpNmI0ZXIwYi9Db250b2glMjBzdXJhdCUyMHBlbmd1bmR1cmFuJTIwZGlyaSUyMEtlcmphJTIwMS5kb2N4
Download file microsoft word contoh surat pengunduran diri .docx (Contoh surat resign .docx)

Keterangan download file .doc : apabila muncul halaman 404 not found, maka coba ulangi proses download dari awal lagi.



Catatan : 
Banyak orang yang masih salah dalam menulis kata "resign", kesalahan dalam penulisan tersebut biasanya menjadi "surat risen kerja", "Surat resend kerja", "surat risent kerja", "surat risen kerja". Sebagai pengetahuan anda saja, penulisan yang betul adalah "surat resign kerja"

Contoh - contoh surat pengunduran diri di atas bisa dijadikan acuan untuk membantu anda dalam membuat surat pengunduran diri, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan pengunduran diri dalam hal apa yang ingin anda ajukan.
Mantapkan pilihan anda sebelum mengajukan resign kerja, jangan sampai anda menyesal karena telah meninggalkan perusahaan yang telah berjasa mempekerjakan anda.
Demikian Artikel Kumpulan Contoh surat pengunduran diri karyawan ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membuat surat pengunduran diri. Thank you guys.

Tags :
  • Contoh Surat pengunduran diri kerja
  • Contoh Contoh Surat pengunduran diri organisasi
  • Contoh Surat pengunduran diri dari perusahaan
  • Contoh Surat pengunduran diri guru
  • Contoh Surat pengunduran diri magang
  • Contoh Surat pengunduran diri mahasiswa
  • Contoh Surat resign     
  • Contoh Surat pengunduran diri karyawan
  • Contoh Surat pengunduran diri OSIS
  •  Contoh Surat pengunduran diri dari hotel
  • Contoh Surat pengunduran diri dari Alfamart
  • Contoh Surat pengunduran diri dari Indomaret (indomarco Prismatama)
  • Contoh Surat Pernyataan pengunduran diri 
  • Contoh Surat permohonan pengunduran diri  
  • Contoh Surat pengunduran diri astra
  • Contoh Surat pengunduran diri dari perusahaan asing  
  • Contoh Surat pengajuan resign
  • Download contoh surat pengunduran diri kerja
  • Download format surat pengunduran diri
  • Download Contoh surat resign
  • Download template surat pengunduran diri